Temukan Berbagai Inspirasi dan Ide Kado Unik dan Kado Ulang Tahun untuk Pria, Wanita, Ayah, Ibu, Pacar, Teman, Sahabat, Anak


4 Trik Memilih Kado Ulang Tahun untuk Anak

Ulang tahun adalah momen penting bagi anak. Biasanya orang tua menyisihkan sebagian penghasilannya untuk perayaan ulang tahun anak. Selain perayaan, ada hal lain yang selalu ditunggu-tunggunya, kado ulang tahun. Apalagi kado ulang tahun untuk anak itu berasal dari ayah bundanya.
Kadang anak suka rewel kalau sudah dekat dengan hari ulang tahunnya. Bukannya malah minta kejutan, ia sudah pesan terlebih dahulu apa yang harus diberikan orang tuanya saat ulang tahun nanti. Sebagian anak lain justru tidak meminta terlalu banyak. Kira-kira apa ya, kado ulang tahun untuk anak yang cocok? Ini dia beberapa tips memilihkan kado yang cocok untuk anak saat dia ulang tahun.
 

Berikan kado yang bermanfaat

Pastikan kado bermanfaat, itu prinsip dasar memberikan apapun kepada anak, termasuk kado ulang tahun. Kado sebaiknya bisa membantu dia masa perkembangannya. Setiap anak akan melewati fase-fase perkembangan tertentu. beda fase perkembangannya beda pula yang dibutuhkannya. Kado ulang tahun untuk anak usia 3 tahun tentu berbeda dengan anak usia 8 tahun atau 12 tahun.

Tidak harus selalu penuhi keinginannya

Tidak jarang anak menginginkan kado tertentu saat ia ulang tahun. Beberapa kado barangkali di luar kemampuan orang tua. Sekalipun orang tua mampu tidak harus dipenuhi. Misalnya, banyak anak-anak yang ingin gadget seperti smartphone atau tablet. Kalau dia belum masuk masa remaja, sebaiknya tidak dipenuhi dulu.
Perlu dipertimbangkan apa pengaruh hadiah-hadiah tertentu untuk perkembangannya. Kalau kado itu nantinya akan mempengaruhi berisiko membuat anak lebih jarang bersosialisasi atau membuatnya lebih malas belajar, sebaiknya ditahan terlebih dahulu.
Selain itu, pertimbangkan pula kemampuan pengawasan kita bila memberikan barang-barang tertentu. Jika dirasa terlalu berisiko, sebaiknya tidak diberikan dulu.


Sesuaikan dengan umur

Menyesuaikan jenis kado yang akan diberikan dengan umur menjadi bagian dari pertimbangan orang tua. Misalnya, baru memberikan benda-benda yang berkaitan dengan teknologi setelah ia masuk masa remaja atau baru memberikan benda-benda seperti sepeda motor saat ia masuk SMA.
Untuk anak-anak yang lebih kecil, belikan benda-benda yang bisa memicu perkembangan kemampuan motorik dan kognitif namun tidak menghilangkan kesempatan bersosialisasinya. Sebab, anak di usia ini tetap perlu mengembangkan kemampuan bersosialisasi.

Berikan kado yang sesuai dengan hobinya

Beda hal lagi kalau kita ingin memberikan kado ulang tahun untuk anak berupa benda-benda yang berkaitan dengan hobinya. Biasanya anak-anak selalu punya hobi tertentu, apalagi jika sudah masuk masa sekolah.
Memang tidak jarang hobi itu tidak bertahan lama. Tapi tidak salah juga bila hobi justru baik untuk anak. Misalnya bila anak sedang menyukai instrumen gitar, berikan dia sebuah gitar. Siapa tahu, karena hadiah ulang tahun tersebut, anak malah menjadi lebih serius menekuni hobi barunya sehingga bisa berguna untuknya di masa depan nanti.

Jadi, apapun bentuk kado ulang tahun untuk anak, entah itu mahal atau tidak, yang penting dapat membantu perkembangan anak.  


4 Trik Memilih Kado Ulang Tahun untuk Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown